Papaku bukan Superman, dan aku mengasihinya.

Ketika masih kecil, aku selalu menganggap papaku adalah seorang ‘Superman’. Seorang laki-laki yang selalu mampu melakukan apa saja untuk anak-anaknya, untuk istrinya, dan bukankah setiap anak-anak selalu menganggap ayahnya adalah ‘Superman’?

Setelah sekian lama periode kebanggaan itu ada di benak ku, lalu datanglah masa-masa pemberontakan. Saat itu aku sudah memasuki masa-masa remaja, SMP. Ada banyak hal yang membuat aku kecewa kepada papa. Banyak hal yang membuat ku tidak bangga lagi sama ‘Superman’ku. Ternyata ‘Superman’ku tidak sekuat dan se-powerful yang selama ini kubayangkan.

Sulit untuk membayangkan papaku sebagai seorang ‘Superman’. Banyak kelemahan-kelemahan yang kulihat, terlebih lagi ketika aku mendapati begitu banyak figur yang sepertinya ‘lebih’ hebat dari yang papaku bisa lakukan. Bahkan sempat aku berjanji pada diriku, kelak aku tidak akan menjadi orang seperti papaku, yang tidak bisa membuat bangga anaknya.

Lalu, kini aku sadar bahwa Tuhanlah yang mengatur bahwa aku dilahirkan dengan Superman yang ini, bukan Superman lain. Aku yakin DIA tidak akan pernah salah mengatur semua ini. Ini yang terbaik bagi kami menurut Tuhan.

Dengan segala kelemahan papaku, dengan segala hal yang membuat anak-anaknya kecewa, sekarang aku mengerti, ternyata papaku sudah berusaha menjadi seorang ayah yang terbaik bagi anak-anaknya, dan suami yang terbaik bagi istrinya.

Papaku memang bukan Superman bagi orang lain, tapi dia adalah Supermanku, aku mengasihi Supermanku ini. Dan aku mendoakan agar Tuhan selalu menjaganya. Selalu.

2 pemikiran pada “Papaku bukan Superman, dan aku mengasihinya.

  1. My father was never a superman for me.
    That’s why it is easier to accept him as a human with a lot of flaws.
    But whoever our father is, it is always up to us to made him everything we wanted him to be. He can be everything and everyone, bad or good, or somewhere in between. just keep believing that the good part of him is in ourselves. Be better and be stronger for the sake of our father and the father before him.
    Even if my father is darthvader, there will still be the force good in this young luke. And the force is strong

    great topic!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s