Ajakan Menulis Random Setiap Hari! #NulisRandom2017

Empat tahun yang lalu, 27 Juli 2013. Ketika pertama kali membuka ajakan #NulisRandom dan disambut dengan antusias oleh teman-teman aku senang sekali. Ternyata menulis itu benar sebagai kebutuhan, meski hanya dirasakan oleh sebagian orang saja. Yang sebagian lagi sama sekali tidak merasakannya. Sebagian besar dari kita secara tidak sadar malah ‘terlatih’ menjadi ‘pemakan konten’ saja (konten itu bisa berupa tulisan, foto, atau pun video. Untuk selanjutnya aku menyebut konten dengan kata cerita, karena inti dari setiap konten adalah cerita) dan tidak pernah terpikir bahwa semua orang bisa menjadi ‘pabrik’ ceritanya sendiri.

Menulis

Hingga datanglah masa ketika seluruh linimasa di Facebook, Twitter, Path, dan Instagram kita dipenuhi oleh cerita-cerita yang tidak sesuai dengan akal sehat dan hati nurani kita. Semua orang mengklaim kebenaran menurut pemahamannya sendiri. Lalu kita menjadi gelisah dan cemas. Sebagian hanya memaki-maki mereka yang berani membuat cerita tersebut. Sebagian lagi meng-unfollow si pembuat dan penyebar cerita, sebagian lagi hanya diam. Meninggalkan media sosial.

Tahukah? Menurutku satu-satunya jalan untuk mengatasi kesemrawutan ini adalah dengan membuat cerita positif sebanyak-banyaknya. Kita tidak bisa membungkam siapa pun di jaman internet ini. Bungkam-membungkam adalah cara kuno dan tidak efektif di jaman internet seperti sekarang. Namun kita bisa melawannya dengan dengan cara membuat cerita tandingan. Setiap cerita yang kita jalani, kita pikirkan dan yakini sendiri sangat berarti. Karena setiap cerita akan membawa pesan dan menggerakkan setiap orang yang membacanya. Semua yang berawal dari hati akan menyentuh hati.

Aku yakin semua orang punya cerita yang harus dibagikan. Dengan keyakinan itu melalui #NulisRandom2017 ini, aku ingin mengajakmu kembali menulis setiap hari.

Tetapi menulis itu susah. Apalagi harus menulis setiap hari. Benar?

Kita semua setuju bahwa perjuangan untuk menulis setiap hari, di setiap pagi itu adalah pergumulan hampir setiap orang. Mungkin saja rasa yang memberatkan adalah disebabkan tidak adanya teman seperjalanan.

Karena itu, mulai hari Kamis, tanggal 1 Juni 2017, aku ingin mencari teman seperjalanan menulis setiap hari. Benar, Siapa saja!

Syaratnya hanya satu: TIDAK ADA SYARAT.

Kamu boleh menulis apapun, sebanyak apapun. Bagikan setiap cerita yang kamu alami setiap harinya.

Tujuan ajakan ini hanya satu: Kita ingin mengelabui otak kita supaya kebiasaan menulis ini menjadi sebuah kebiasaan rutin yang harus kita lakukan. Seperti menggosok gigi setiap pagi.

Dan, aku harap kita bisa bersenang-senang dalam menulis tanpa takut dianggap tidak inspiratif, bodoh, dan lain sebagainya.

Berani?

CARANYA:

Posting tulisanmu di status Facebook-mu, atau di Path, Instagram, atau boleh juga di blog pribadi. Kemudian bagikan link postingan tersebut kepada siapa pun yang ingin kamu bagikan. Boleh tag siapa pun. Silakan juga jika ingin memposting paragraf pertama dan link blogmu di Grup Nulisbuku Comunity yang ada di Facebook ini.

Ajakan ini akan berlaku mulai Kamis, tanggal 1 Juni 2017 hingga Jumat, tanggal 30 Juni 2017. Kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang.

Mulailah banyak membaca buku, artikel atau apa saja sebagai bahan supaya tidak kehabisan bahan bakar di tengah-tengah perjalanan.

Pada hari terakhir nanti, aku akan memberikan hadiah spesial untuk penulis favorit yang ikut #NulisRandom2017. Pemilihan ini berdasarkan pilihan pribadi, tidak ada syarat tertentu karena aku tidak ingin membebani siapa pun yang berpartisipasi dalam #NulisRandom2017.

Siap? Mari memulai petualangan ini bersama, kita mulai menulis di hari pertama Kamis, tanggal 1 Juni 2017!

Be Brave!

19 pemikiran pada “Ajakan Menulis Random Setiap Hari! #NulisRandom2017

  1. Yang lalu juga ikut tantangan menulis. Meskipun tidak banyak tapi senang bisa berkontribusi. Semoga yang kali ini bisa lebih baik lagi.

  2. Ping balik: Aktif – Sisi Hidupku ~
  3. wah mas aku baru baca postingan ini….:(
    tapi tulisanku udah dimulai sih sejak 1 Juni sampai hari ini…efek positif pernah ikut #NuisRandom jadi acuan untuk nulis setiap hari,..hitung2 pemanasan kembali karena udah lama gak nuls…terima kasih mas…yuk tetap menulis bersama sampe garis finish,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s